AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

23+ Pengertian Norma Menurut Para Ahli Paling Lengkap

Pengertian Norma.

Pengertian Norma Menurut Para Ahli : Norma adalah segala bentuk aturan yang berisikan tentang suatu perintah dan larangan, atau perilaku yang harus dan tidak harus dilakukan oleh setiap manusia dan yang sifatnya mengikat masyarakat. Untuk dapat memahami lagi tentang pengertian norma. Dibawah ini adalah beberapa pengertian norma menurut para ahli secar lengkapnya. Beberapa pengertian norma lebih lengkapnya adalah sebagai berikut.

Pengertian norma, pengertian norma menurut para ahli,

Pengertian Norma menurut Para Ahli:

1. Pengertian Norma menurut A. Ridwan Halim.
Menurut A. Ridwan Halim menyatakan bahwa Norma ialah segala peraturan baik tertulis ataupun tidak yang pada intinya merupakan suatu peraturan yang berlaku untuk sebagai acuan atau pedoman yang harus dipatuhi oleh setiap individu dalam masyarakat.

2. Pengertian Norma menurut Achmad D. Marimba.
Menurut Achmad D. Marimba menyatakan bahwa Norma ialah yang berlaku secara alamiah dalam suatu masyarakat, bisa berubah menurut kesepakatan dan persetujuan dari suatu masyarakat pada dimensi ruang dan waktu tertentu.

3. Pengertian Norma menurut Bagja Waluya.
Menurut Bagja Waluya menyatakan  bahwa Norma ialah suatu wujud konkret dari nilai yang merupakan pedoman, yakni yang berisikan suatu keharusan bagi individu atau masyarakat dalam berperilaku.

4. Pengertian Norma menurut Aulia, Tia Oktaviani Sumarna, dan Arya Hadi Dharmawan.
Menurut mereka Norma ialah sebuah standar-standar tingkah laku yang terdapat di dalam sebuah masyarakat.

5. Pengertian Norma menurut Ariefa Efianingrum.
Menurut Ariefa Efianingrum menyatakan bahwa Norma ialah suatu aturan atau patokan (baik tertulis atau tidak tertulis) yang mempunyai fungsi sebagai pedoman bertindak atau juga sebagai tolok ukur benar atau salahnya suatu perbuatan.

6. Pengertian Norma menurut Isworo Hadi Wiyono.
Menurut Isworo Hadi Wiyono menyatakan bahwa Norma ialah suatu peraturan atau petunjuk hidup yang memberi ancar-ancar perbuatan yang mana yang boleh dijalankan dan perbuatan yang mana yang harus dihindari.

7. Pengertian Norma menurut Hamid Syahrul Aminuddin.
Menurut Hamid Syahrul Aminuddin menyatakan bahwa Norma ialah suatu pola perilaku yang diterima pada sebuah lingkungan sosial tertentu.

8. Pengertian Norma menurut Soerjono Soekanto.
Menurut Soerjono Soekanto menyatakan bahwa Norma ialah suatu perangkat agar hubungan antar masyarakat bisa terjalin dengan baik.

9. Pengertian Norma menurut AA Nurdiaman.
Menurut AA Nurdiaman menyatakan bahwa Norma ialah suatu tatanan hidup yang berupa sebuah aturan-aturan dalam pergaulan hidup pada masyarakat.

10. Pengertian Norma menurut Antony Giddens.
Menurut Antony Giddens menyatakan bahwa Norma ialah suatu prinsip atau aturan yang konkret, yang seharusnya diperhatikan oleh masyarakat.

11. Pengertian Norma menurut Bellebaum.
Menurut Bellebaum menyatakan bahwa Norma ialah suatu alat untuk mengatur masyarakat agar orang yang bertingkah laku dalam suatu komunitas yang berdasarkan keyakinan dan sikap-sikap tertentu.

12. Pengertian Norma menurut John J. Macionis.
Menurut John J. Macionis menyatakan bahwa Norma ialah sebuah aturan-aturan dan harapan-harapan masyarakat yang memandu sebuah perilaku anggota-anggotanya.

13. Pengertian Norma menurut E. Ultrecht.
Menurut E. Ultrecht menyatakan bahwa Norma ialah segala himpunan sebuah petunjuk hidup yang mengatur berbagai suatu tata tertib dalam suatu masyarakat atau bangsa yang mana peraturan itu diwajibkan untuk ditaati oleh setiap masyarakat, jika ada yang melanggar maka akan ada tindakan dari pemerintah.

14. Pengertian Norma menurut Robert Mz. Lawang.
Menurut Robert Mz. Lawang Norma ialah suatu gambaran yang mengenai apa yang diinginkan baik dan pantas sehingga menjadi sejumlah anggapan yang baik dan perlu dihargai seharusnya.

15. Pengertian Norma menurut Robert P. Lamm.
Menurut Robert P. Lamm menyatakan bahwa Norma ialah suatu standar dari sebuah perilaku lurus yang dipelihara oleh setiap masyarakat.

16. Pengertian Norma menurut Hans Kelsen.
Menurut Hans Kelsen menyatakan bahwa Norma ialah suatu perintah yang tidak personal dan anonim.

17. Pengertian Norma menurut Craig Calhoun.
Menurut Craig Calhoun menyatakan bahwa Norma ialah suatu aturan ataupun pedoman yang menyatakan yang mengenai bagaimana seseorang seharusnya bertindak di dalam suatu situasi yang tertentu.

18. Pengertian Norma menurut Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm.
Menurut mereka berdua menyatakan bahwa Norma ialah suatu standar perilaku yang mapan yang dipelihara oleh sebuah masyarakat.

19. Pengertian Norma menurut Ferdy Roring.
Menurut Ferdy Roring menyatakan bahwa Norma ialah sebuah konvensi sosial yang mengatur suatu kehidupan manusia.

20. Pengertian Norma menurut Marvin E. Shaw.
Menurut Marvin E. Shaw menyatakan bahwa Norma ialah suatu peraturan tingkah laku yang ditegakkan ataupun diasaskan oleh anggota kelompok bagi yang mengekalkan keselarasan tingkah laku.

21. Pengertian Norma menurut Broom dan Selznic.
Menurut Broom dan Selznic menyatakan bahwa Norma ialah suatu rancangan ideal perilaku manusia yang memberikan suatu batas-batas bagi anggota masyarakat didalam untuk mencapai tujuan hidupnya.

22. Pengertian Norma menurut Wikipedia.
Norma dalam sosiologi adalah seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya.

23. Pengertian Norma menurut Wiktionary.
Norma adalah aturan, atau ketentuan, ukuran, atau kaidah yang dipakai sebagai tolok ukur untuk menilai atau memperbandingkan sesuatu yang mengikat warga kelompok dalam masyarakat, dipakai sebagai panduan, tatanan, dan pengendali tingkah laku yang sesuai dan berterima: Setiap warga masyarakat harus menaati norma yang berlaku.

Sanksi yang diterapkan oleh norma ini membedakan norma dengan produk sosial lainnya seperti budaya dan adat. Ada atau tidaknya norma diperkirakan mempunyai dampak dan pengaruh atas bagaimana seseorang berperilaku.

Hidup didalam lingkungan masyarakat harus mematuhi norma-norma yang berlaku didalam masyarakat, agar dilingkungan masyarakat nya menjadi nyaman dan tentram.

Norma adalah patokan prilaku dalam satu kelompok tertentu, norma memungkinkan sesorang untuk menentukan terlebih dahulu bagaimana tindakannya itu akan dinilai oleh orang lain, norma juga merupakan kriteria bagi orang lain untuk mendukung atau menolak prilaku seseorang.

Norma juga merupakan sesuatu yang mengikat dalam sebuah kelompok masyarakat, yang pada keselanjutannya disebut norma sosial, karena menjaga hubungan dalam bermasyarakat. Norma pada dasarnya adalah bagian dari kebudayaan, karena awal dari sebuah budaya itu sendiri adalah intraksi antara manusia pada kelompok tertentu yang nantinya akan menghasilkan sesuatu yang disebut norma. Sehingga kita akan menumukan definisi dari budaya itu seperti ini; budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang  dan diwariskan dari generasi ke generasi. (Stewart L. Tubs dan Sylvia moss, human comunication,2005:237.).

Baca juga:
Adapula yang mengartikan norma sebagai nilai karena norma merupakan konkretasi dari nilai. Norma adalah perwujudan dari nilai (Herimanto dan Winarmo. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar,2010:130.), karena setiap norma pasti terkandung nilai di dalamnya, nilai sekaligus menjadi sumber bagi norma. Tanpa ada nilai tidak mungkin terwujud norma. Sebaliknya, tanpa di buatkan norma maka nilai yang hendak di jalankan itu mustahil terwujud.

Jika kita berbicara norma, norma di bagi menjadi dua yaitu: Norma yang datang dari Tuhan dan Norma yang dibuat oleh manusia. Norma yang pertama di sebut norma agama sedang yang kedua di sebut norma sosial, meskipun pada dasarnya keduanya dalam orientasi yang sama, yakni mengatur kehidupan manusia agar menjadi manusia yang berbudaya dan beradab.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment