AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Tujuan Otomatisasi Perkantoran Menurut Para Ahli

Tujuan Otomatisasi Perkantoran : Seiring dengan kemajuan zaman yang cukup pesat, perngkat komputer super canggih beserta perangkat lunak yang mendukungnya menjadikan kantor bisa semakin maju pesat. Sehingga semua pendataan, perhitungan keuangan, Penyimapan bisa tersimpan otomatias dengan satu kalik klik. Asal mula 'Otomatisasi Perkantoran" di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin TIK listriknya. Bukti nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic Tape atau Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis. Kata "Otomatisasi" ini sendiri memiliki pengertian penggunaan mesin untuk menjalankan tugas fisik yang biasa dilakukan oleh manusia. Otomatisasi kantor biasanya dikenal dengan istilah Office Automation atau OA.

Tujuan Otomatisasi Perkantoran Menurut Para Ahli
Tujuan Otomatisasi Kantor secara umum adalah sebagai berikut:
  1. Penggabungan penerapan tekonologi.
  2. memperbaiki proses pelaksanaan pekerjaan di kantor.
  3. Meningkatkan produktifitas dan efektivitas pekerjaan.
  4. Otomatisasi kantor memberikan kemampuan antar manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik dalam memecahkan masalah.
  5. Peningkatan komunikasi dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Untuk tujuan yang lebih rinci pada masa kini adalah sebagai berikut. Tujuan Otomatisasi Perkantoran Menurut Para Ahli adalah OA atau Office Automation bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kerja melalui:
1. Pendapatan yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih murah.

2. Meminimalkan atau Penghindaran Biaya, Komputer tidak menggantikan pekerja saat ini, tetapi komputer menunda penambahan pegawai yang diperlukan untuk menangani beban kerja yang bertambah.

3. Pemecahan Masalah Kelompok, Otomatisasi kantor dapat memberikan kemampuan antara manajer untuk saling melakukan komunikasi dengan lebih baik selagi mereka memecahkan masalah.

4. Sebagai Pelengkap, Bukan Pengganti. OA tidak akan menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional - percakapan tatap muka, percakapan telepon, peasn tertulis pada memo, dan sejenisnya.


5. Komputer menunda penambahan tenaga pegawai akibat beban pekerjaan yang meningkat karena kemampuan komputer yang fleksibel.

6. Cara otomatisasi kantor berkontribusi pada komunikasi ke dan dari manajer membuatnya sangat cocok diterapkan untuk memecahkan masalah.

7. Penggabungan dan Penerapan Teknologi, misalnya antara telepon,komputer, jaringan internet, satelit, dll.

8. Meminilasir Pembukuan dari Perangkat keras sehingga tercipta ruangan yang lebih luas, indah, nyaman dan kondusif.

9. Memperbarui Proses Pelaksanaan Pekerjaan di Kantor, Produk OA atau office Automation memungkinkan para pekerja kantor ini memproses lebih banyak dokumen secara lebih cepat dan lebih baik.

10. Sebagai suatu cara komunikasi bisnis, otomatisasi kantor bukan tanpa keterbatasan, tetapi otomatisasi kantor tidak akan dapat menggantikan semua komunikasi interpersonal tradisional seperti percakapan tatap muka, percakapan telefon, pesan tertulis pada memo, dan sejenisnya.

Baca juga:
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment