AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Perbedaan Surat Pribadi, Surat Dinas dan Niaga

Perbedaan Surat Pribadi, Dinas dan Niaga : Surat adalah sehelai kertas dalam bentuk atau wujud apapun berisi keterangan tertulis untuk disampaikan kepada pihak lain yang membutuhkan. Atau, Surat adalah media komunikasi secara tertulis untuk disampaikan kepada pihak lain dalam rangka mendapatkan pengertian dan kerjasama antara kedua pihak. Dan Surat adalah suatu pernyataan bahasa secara tertulis, untuk menyampaikan informasi atau keterangan dari satu pihak kepada pihak yang lain. Baca: Surat Menyurat adalah?
Perbedaan Surat Pribadi Dinas Niaga

Perbedaan Surat Pribadi.
Surat pribadi adalah surat dalam hal ini digunakan untuk kepentingan pribadi. Dapat berupa korespondensi surat antara sesama teman atau keluarga. Untuk ciri-ciri surat pribadi ini cukup simple. Tidak menggunakan kop surat, nomor surat, Salam pembuka dan penutup bervariasi, menggunakan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis serta format surat bebas.

Perbedaan Surat Dinas.
Surat dinas digunakan untuk kepentingan pekerjaan formal , seperti instansi dinas perkantoran. Surat ini penting dalam pengelolaan instansi yang berupa administrasi dalam suatu instansi. Fungsi  surat dinas yaitu sebagai bukti dokumen tertulis, alat pengingat yang terkait dalam arsip bukti atas instansi, yang berkembang serta sebagai pedoman kerja dalam bentuk surat keputusan.

Ciri-ciri surat dinas menggunakan:
1. Memakai  kop surat dan instansi atau lembaga  bersangkutan.
2. Menggunakan lampiran, perihal dan nomor surat.
3. Menggunakan salam pembuka dan penutup  ragam resmi.
4. Terdapat cap atau stempel dari kantor instansi  pembuat surat.
5. Format surat tertentu.

Baca juga:
Perbedaan Surat Niaga.
Surat niada digunakan bagi badan untuk menyelenggarakan kegiatan usaha niaga, seperti industri dan jasa. Surat niaga ini berguna membangun kerja sama dan hubungan dengan pihak luar, sehingga harus di dokumentasi-kan dengan baik. Hal ini sangat penting, karena Surat niaga terdiri atas surat jual beli, perdagangan dan kwintansi. Surat niaga ini dapat dibagi atas surat niaga internal dan surat niaga eksternal. Salah satu contoh surat niaga adalah surat penawaran dan surat penagihan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment