AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Perbedaan Surat Pribadi dan Surat Resmi

Perbedaan Surat Resmi dan Surat Pribadi : Surat pribadi adalah surat yang dibuat dan digunakan dalam hal ini untuk kepentingan pribadi. Dapat berupa korespondensi surat antara sesama teman atau keluarga. Untuk ciri-ciri umum surat pribadi itu yang sangat dibedakan dari surat resmi itu cukup simple. Tidak menggunakan kop surat, nomor surat, Salam pembuka dan penutup bervariasi, menggunakan bahasa bebas, sesuai keinginan penulis serta format surat bebas. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi seperti yang ada dibawah ini:

Ciri-ciri Surat Pribadi:
1. Bahasa tidak haruas baku.
2. Dikirim untuk keluarga, saudara dan teman.
3. Tidak ada kepala surat.
4. Tidak ada nomor surat, perihal dan lampiran.

Perbedaan surat pribadi dan surat resmi, Perbedaan surat resmi dan surat pribadi,

Perbedaan Surat Resmi : Surat resmi adalah surat yang dibuat dan digunakan untuk kepentingan secara resmi, baik instansi, perorangan, atau-pun organisasi, surat edaran, dan surat pemberitahuan dalam bentuk undangan.  Atau, Surat resmi adalah surat yang ditulis dari lembaga/ ke /lembaga lainnya yang ditulis untuk menyampaikan sesuatu atau berita. Ciri-ciri umum surat resmi yaitu, menggunakan kop surat yang di keluarkan organisasi, perusahaan atau lembaga resmi. Ada lampiran, perihal dan nomor surat. Menggunakan salam, pembuka dan penutup, bahasa serta tulisan resmi. Menyertakan cap atau stempel  lembaga resmi. Baca: Surat Menyurat adalah?

Perbedaan Surat Resmi:
1. Menggunakan bahasa yang baku.
2. Dikirim dari lembaga atau organisasi, dan dikirim ke lembaga, organisasi atau perorangan.
3. Ada kepala surat.
4.Ada nomor surat, perihal dan lampiran.

Ciri-ciri yang ada dalam surat resmi adalah:
1. Kepala surat.
2. Tempat dan tanggal lahir.
3. Nomor surat, Perihal Lampiran.
4. Nama dan alamat yang dituju.
5. Salam pembuka.
6. Isi surat.
7. Salam penutup.
8. Nama dan tanda tangan pengirim.

Baca juga:
Surat resmi itu menggunakan bahasa yang baku, jadi inilah perbedaan antara surat pribadi dan surat resmi. Tidak sulit kan cara membedakan antara surat pribadi dan surat resmi itu.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment