AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Pengertian Sistem Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perkantoran Berikut Contohnya

Sistem Teknologi Informasi adalah serangkaian sistem untuk memperoleh, mengolah serta menyebarluaskan informasi dalam satu lingkungan system organisasi. Teknologi imformasi sendiri dewasa ini sangat dibutuhkan dalam pengelolaan kantor yang modern, bahkan bukan hanya dalam kantor saja, akan tetapi dalam semua bidang telah banyak membutuhkan sistem teknologi informasi ini. Dalam sistem teknologi informasi ini ada tiga komponen utama teknoloogi informasi, yaitu komputer, mikro elektronik, serta telekomunikasi. Peran teknologi informasi dalam job kantor merupakan salah satu sistem yang sangat menolong dalam perihal penanganan surat, serta pembuatan laporan, komunikasi perkantoran, pengiriman surat ataupun tata laksana arsip atau filing.

Sistem Teknologi Informasi

Oleh karena itu mau tak mau teknologi informasi pasti berefek pada manajemen perkantoran, setidaknya efek tersebut dapat terlihat secara umum dari aspek sosial, ekonomi, serta lainnya, dan membawa akibat yang positif ataupun negatif pada karyawan kantor sendiri. Teknologi imformasi dalam manajemen perkantoran sangat erat hubungannya dengan Otomatisasi Kantor, job kantor yang merasakan Otomatisasi dengan Teknologi Informasi. Salah satu contohnya adalah untuk pengolahan kata (word processing), surat elektronik (electronik mail), voice mail, kalender elektronik (electronik calendaring), konfrensi audio, konfrensi video, konfrensi komputer, transmisi faximile (facsimile transmission), serta juga desktop publishing.

Berikut ini adalah bebrapa bagian dari sitem teknologi informasi dalam manajemen perkantoran berikut contohnya :

1. Pengolahan Kata (word Processing).
Penggunaan alat elektronik yang secara otomatis melakukan banyak tugas-tugas yang diperlukan buat menyiapkan dokumen yang akan diketik atau dicetak.
Contoh: Microsoft Word, Word Perfect, Open Office, dll.

2. Surat Elektronik (electronik mail).
Penggunaan jaringan komputer yang memungkinkan para pengguna mengirim, meyimpan serta mendapat pesan-pesan dengan memakaikan terminal komputer serta alat penyimpanan.
Contoh: yahoo mail, google mail , dll.

3. Voice Mail.
Memerlukan komputer dengan kemampuan menyimpan pesan audio dalam bentuk digital serta setelah itu mengubahnya kembali menjadi bentuk audio saat dipanggil.

4. Kalender Elektronik (electronik calendaring).
Penggunaan jaringan komputer untuk menyimpan serta mengambil kalender pertemuan manajer. Manajer atau sekertaris manajer bisa memasukkan pertemuan-pertemuan, bikin perubahan, meneelaah kalender itu dengan memakaikan terminal keyboard. Kalender elektronik amat berguna bagi manajer status atas yang yang mempunyai jadwal pertemuan yang amat padat.

5. Konfrensi Audio.
Penggunaan peralatan komunikasi suara untuk membuat suatu kaitan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis buat melakukan konfrensi. Conference call merupakan bentuk pertama konfrensi audio yang masih digunakan.

6. Konfrensi Video.
Penggunaan peralatan televisi untuk mengaitkan para peserta konfrensi yang tersebar secara geografis. Peralatan tersebut menyediakan kaitan audio serta video.

7. Konfrensi Komputer.
Penggunaan jaringan komputer untuk memungkinkan para partisipan tim pemecah problem bertukar informasi tentang problem yang akan dipecahkan.

8. Transmisi Faximile (facsimile transmission).
Penggunaan peralatan khusus yang bisa membaca dokumen terhadap satu ujung saluran komunikasi, serta membuat salinannya diujung yang lain. FAX berkontribusi terhadap pemecahan problem dengan memberikan dokumen kepada para partisipan tim pemecah problem secara gampang serta cepat.

9. Videotex.
Penggunaan komputer untuk menampilkan terhadap layar materi narasi serta grafik yang tersimpan 
Desktop Publishing. Dan penggunaan komputer untuk menyiapkan output tercetak yang kualitasnya amat baik. Tampilan layar persis setara dengan salinan kertas yang akan dihasilkan oleh printer laser. Demikianlah faktor-faktor yang memberi efek choices aplikasi Otomatisasi Kantor.
Jenis Organisasi yaitu seorang manajer diperusahaan dengan satu lokasi tak akan mempertimbangkan konferensi audio serta video pilihan pribadi. Manajer yang memilih komunikasi tatap muka tertarik terhadap konferensi video serta memanfaatkan kalender elektronik Sumber daya OA yang tersedia paduan manajer dibatasi oleh asal pati daya OA yang tersedia dalam perusahaan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment