AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Pengertian Kebudayaan dan Peradaban Menurut Para Ahli

Pengertian Kebudayaan Menurut Para Ahli : Kebudayaan Berasal Dari Kata Sansekerta "BUDDHAYAH", yang merupakan bentuk jamak dari kata "BUDDHI" yang berarti budi atau akal. Dengan demikian kebudayaan dapat diartikan sebagai "hal-hal yang bersangkutan dengan budhi atau akal".

Culture, merupakan istilah bahasa asing yang sama artinya dengan kebudayaan, berasal dari kata latin "colere" yang berarti mengolah atau mengerjakan (Mengolah tanah atau bertani). Dari asal arti tersebut yaitu "colere" kemudian "culture" diartikan sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan merubah alam. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat.

Pengertian Kebudayaan dan Peradaban, Menurut Para Ahli

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism. Herskovits memandang kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic, kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli.
Dikalangan para ahli sampai saat ini sering terjadi perbedaan pendapat mengnai kedua istilah (kebudayaan dan peradaban) yang sering dicampuradukan itu bahkan pendapat di antara para ahli kadang-kadang bertentangan satu sama lain .

Menurut Bierens De, peradaban adalah bidang kehidupan untuk kegunaan yang praktis, sedangkan kebudayaan ialah sesuatu yang berasal dari hasrat dan gairah yang lebih dan murni yang berada diatas tujuan yang praktis hubungan kemasyarakatan.

Baca juga:
Kemudian menurut Prof. Dr. Koenjaraningrat, peradaban ialah bagian-bagian kebudayaan yang halus dan indah seperti kesenian. Dengan demikian, peradaban tidak lain adalah perkembangan kebudayaan yang telah mencapai tingkat tertentu yang dicirikan oleh taraf intelektual, keindahan, teknologi, dan spiritual tertentu yang diperoleh manusia pendukungnya.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment