AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Peranan Pekerjaan Kantor Bagi Pimpinan Dalam Organisasi adalah

Peranan Pekerjaan Kantor : Dalam kamus bahasa Indonesia susunan WIS Porwardarminta, peranan asal kata “peran” artinya sesuatu yang menjadi bagian atau yang memegang pimpinan.

Pekerjaan kantor mempunyai peranan melancarkan kehidupan dan perkembangan Organisasi Kantor sebagai suatu keseluruhan, karena fungsinya sebagai pusat ingatan, pusat kegiatan dan sumber dokumen.
Seorang pimpinan memerlukan informasi yang bersifat umum, yang memberikan pengetahuan secara keseluruhan tentang perkembangan organisasi kantornya.


Peranan pekerjaan kantor bagi pimpinan organisasi

Berdasarkan uraian diatas, maka untuk kali ini penulis ingin membahas peranan pekerjaan kantor dalam dua fungsi yaitu :

1. Bantuan bagi Pimpinan (Staff Function).
Pekerjaan kantor terdiri dari kegiatan-kegiatan membantu pimpinan dalam merencanakan dan mengendalikan kegiatan Organisasi Kantor. Dalam mengambil tindakan dan keputusan, agar tepat pada sasaran.


2. Pelayanan bagi Masyarakat (Public Service).
Pekerjaan kantor, disamping merupakan kegiatan yang berperan membantu pimpinan dalam mengambil keputusan, kegiatan lain yang sama pentingnya adalah melayani segenap kegiatan operatif (tugastugas pokok kantor), baik yang bersifat intern maupun ekstern (pelayanan public).


Tugas-tugas pokok kantor tidak akan terlaksana tanpa adanya data dan keterangan yang disiapkan oleh pekerjaan kantor. Bahkan tujuan kantor tidak akan tercapai bila mana data dan keterangan yang disiapkan kantor tidak sesuai, kurang tepat atau keliru. 

Peranan pekerjaan terhadap tugas-tugas operatif umumnya bersifat pelayanan dalam penyajian segenap bahan keterangan atau warkat sebagai pusat ingatan atau sumber Dukumentasi.

Baca Juga:

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa peranan pekerjaan kantor adalah:
  • Melayani pelaksanaan pekerjaan operasional, guna membantu melaksanakan pekerjaan induk untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Menyediakan keterangan bagi pimpinan organisasi untuk menetapkan keputusan atau melakukan tindakan yang tepat.
  • Membantu melancarkan kehidupan dan perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates