AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Definisi dan Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen : Dijelaskan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi. Administrasi merupakan proses penyelenggaraan dan pengendalian dari suatu badan usaha secara keseluruhan, sedangkan manajemen merupakn proses penggerakan dan pengawasan unsur manusianya.



Definisi dan pengertian manajemen


Untuk lebih jelasnya, berikut ini diberikan beberapa definisi manajemen yang dikemukakan oleh beberapa sarjana dari Indonesia dan sarjana barat sebagai bahan perbadingan.

1. Definisi manajemen dari beberapa sarjana Indonesia.

a. Sukamto Reksohadiprodjo, M. COM
Manajemen adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, mengkoordinasikan, serta mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efisien dan efektif.


b. Prof. Dr. Sondang P. Siagian, MPA
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka mencapai tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.


c. Drs. Sukarno K.
Manajemen berarti proses pembimbingan dan pengawasan terhadap segala kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki.


d. Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudirdjo
Manajemen adalah menyelenggarakan sesuatu dengan menggerakan orang-orang, mesin-mesin, dan alat-alat sesuai dengan kebutuhan.


e. Drs. The Liang Gie
Manajemen adalah proses yang menggerakkan tindakantindakan dalam usaha kerja sama manusia sehingga tujuan yang telah ditentukan benar-benar tercapai.


2. Definisi manajemen dari beberapa sarjana barat.

a. George R. Terry
Manajemen adalah pencapaian tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.


b. John D. Millet.
Manajemen adalah proses penyediaan fasilitas-fasilitas kerja dan pembimbingan terhadap orang-orang yang tergabung dalam suatu organisasi resmi untuk mencapai sesuatu tujuan.


c. Harold Kcontz dan Cyrill O’donnel.
Manajemen adalah penyelesaian pekerjaan melalui kegiatan-kegiatan dari orang lain.


Pengertian manajemen yang dikemukakan para ahli tersebut dapat dikatakan bersifat universal (umum). Dalam arti bahwa, manajemen dapat ditetapkan dalam berbagai bidang usaha manusia, baik dalam pabrik, sekolah, bank, hotel, rumah sakit, kantor bahkan sampai kepala kehidupan rumah tangga.

Baca Juga: 
Manajemen merupakan proses pencapaian tujuan melalui kegiatan orang lain. Tujuan yang dimaksud adalah sasaran manajemen yang harus dicapai secara efektif dan efisien. Dalam mencapai tujuan, kegiatan manajemen harus dapat menyatukan pikiran, perasaan, kemauan, bahan-bahan, tenaga (orang-orang), uang, mesin dan segala fasilitas lainnya yang dibutuhkan, sehingga apa yang diharapkan dapat benar-benar tercapai dengan efektif (tepat guna)dan efisien (daya guna).

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa manajemen adalah suatu proses penggerakan kerja sama dengan orang lain dan segala fasilitas yang diperlukan.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment