AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

Jenis Jenis Organisasi dan Contohnya

Jenis Jenis Organisasi dan Contohnya untuk postingan kali ini adalah posting lanjutan dari post sebelumnya. Untuk melihat post sebelumnya silahkan klik disini Jenis Jenis Organisasi.(1).

Jenis Jenis Organisasi dan Contohnya



3. Organisasi Profesi.
Organisasi ini menghimpun orang-orang yang bekerja sesuai dengan profesi mereka, juga ada kode esik untuk menjaga agar profesi mereka selalu dihargai dan dihormati.

Contoh:

a) I.S.I : Ikatan Sekretaris Indonesia.
b) I.D.I : Ikatan Dokter Indonesia.
c) I.C.M.I : Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia.
d) Parfi : Perhimpunan Artis Film Indonesia.





4. Organisasi Sosial.
  • Dr. Koentjaraningrat membagi-bagi organisasi sosial kemasyarakatan menjadi 8 macam.
  • Organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan kehidupan kekerabatan (kinship) atau domestic institution, misalnya: pelamaran, perkawinan, keluarga, pengasuhan anak dll. 
  • Organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mata pencaharian hidup (ecomonic institutions), misalnya: pertanian, peternakan, perburuhan, industri, dll.
  • Organisasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah manusia (scientific institutions), misalnya: metode ilmiah, penelitian, pendidikan ilmiah, dll. 
  • Organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan pendidikan (educational institutions), misalnya: TK, SD, SMP, SMA, Pondok Pesantren, dll.
  • Organisasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ilmiah, menyatakan rasa keindahan dan rekreasi (aisthelic and recreational institutions), misalnya: seni rupa, seni suara, seni drama, dll. 
  • Organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan Tuhan atau alam gaib (religus institutions). Misalnya: Gereja, Masjid, Doa, Kenduri, dll.
  • Organisasi yang bertujuan memenuhi kebutuhan manusia untuk mengatur kehidupan berkelompok atau bernegara (political institutions), misalnya: pemerintahan, demokrasi, kehakiman, kepartaian, kepolisian, dll. 
  • Organisasi yang bertujuan mengurus kebutuhan jasmani manusia (cosmetic institutions), misalnya: pemeliharaan, kecantikan, kesehatan, kedokteran, dll.

5. Organisasi Lain.
Organisasi lain dibagi menjadi :
a. Organisasi Islam.
Adalah organisasi yang berkaitan dengan kegiatan keislaman baik berupa ajaran, kultur, dll. Contohnya : Organisasi Muhammadiyah, dan Organisasi Nahdatul Ulama.

b. Organisasi Olahraga.
Adalah organisasi yang dibentuk berdasarkan olahraga yang diselenggarakan oleh masyarakat.


Contoh : 

KONI : Komite Olahraga Nasional Indonesia.
PBSI : Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia.
Related Posts
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment