AWpXY408eFgTMZfAqTF4BFiqwKCPEBSc31nK3rsb

7 Tips Cara Membuat CV yang Menarik, Baik dan Benar untuk Lamaran Kerja

Cara Membuat CV yang Menarik, Baik dan Benar : Ini adalah tips cara membuat CV yang menarik, baik dan benar menurut Bapak Billy Boen, CEO PT. YOT Nusantara & Chairman, PT. Generasi Digital Internasional, yang diambil dari threadnya di forum Young On Top Kaskus.

Tips Membuat CV yang Menarik, Baik dan Benar.


Berikut beberapa tips membuat CV yang tepat :
1. Selalu tulis nama lengkap, alamat lengkap, nomor telpon yang mudah untuk dihubungi, dan email.
    2. Foto: pas foto. Pakai jas dan dasi kalau perlu.

    3. Email: jangan cantique@gmail,com atau keren1990@yahoo,com . You have to take this seriously! Nama lengkap, kalau nama lengkap kamu ternyata sudah tidak tersedia untuk digunakan boleh pakai tahun lahir atau tanggal lahir, contoh : billy13@gmail.com.
    4. Untuk fresh graduate, tulis mata kuliah yang related dengan posisi atau industri yang ingin kamu apply. Misal kamu apply ke banking di bagian akunting, maka tulis nama mata kuliah yang pernah kamu ambil di kampus: (misal) Akuntansi Dasar.
    5. Kalau kamu sudah pernah kerja, tulis : Accomplishments! Ini lebih penting daripada Job Descriptions!
    6. Untuk fresh graduate, cukup 1 lembar CV, maksimum 2 lembar.
    7. Untuk yang sudah berpengalaman 5 tahun - 10 tahun, buat maksimum 2 lembar. Untuk yang sudah punya pengalaman 10 tahun ke atas, buat maksimum 3 lembar. Kalau lebih dari maksimum emang kenapa? Males bacanya! CV fresh graduate yang 3-5 lembar pernah saya dapatkan. Isinya jadi ngga bermutu, banyak yang tidak menunjang kredibilitasnya dan tidak ada hubungannya sama posisi yang sedang dia apply. Hapus yang ngga penting! Ingat, CV yang baik tidak menjamin Agan akan dapat kerja. Ini salah kaprah terbesar diantara mereka yang sedang mencari kerja. Ini step-step proses yang benar:
    • Cover Letter yang baik (men summarize CV) akan membuat HR mau membaca CV terlampir.
    • CV yang baik akan membuat HR ingin menggali lebih lanjut si pemilik CV, alias akan terjadi pemanggilan interview.
    • Interview yang baik baru akan membuat si applicants mendapat tawaran kerja.
    Baca juga:

    Tips terakhir dari saya untuk membuat CV yang tepat yaitu, buatlah CV secara secara teliti, jangan sampai ada typo (salah ketik), dan take your time. Jangan terburu-buru. Kenapa? Karena CV ini akan membantu kecerahan masa depan Agan.
    Related Posts
    SHARE

    Related Posts

    Subscribe to get free updates